Pemerintah pusat akan membangun proyek baru di ibu kota negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024 mendatang. Hal itupun diterangkan langsung Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat dijumpai di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat.

“Kita akan bangun apartemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Hankam di IKN Nusantara. Ada 47 tower, dan itu sudah mau dimulai, sudah dikontrak. Jadi, saat ini sedang set penataan lapangannya,” kata Basuki kepada www.nusantaraterkini.co, Senin (20/11/2023).

Basuki Hadimuljono mengaku pembangunan 47 tower rusun ASN dan Hankam ini akan dilaksanakan selama 19 bulan dengan target selesai Desember 2024 mendatang.

Selain itu, sambungnya, diketahui PT. Pertamina akan menyumbang 4 juta liter bahan bakar minyak (BBM) untuk konstruksi IKN Nusantara. 

Harapannya, para kontraktor semakin yakin untuk terjamin suplainya selama proyek.

"Kita dengan pertamina kan 4 juta liter per bulan untuk IKN, untuk pembangunan infrastruktur, pertamina akan mensupply itu," kata Basuki Hadimuljono.

Ditegaskan Menteri PUPR, proyek ini tidak ada yang tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada titik nol.

"Bahkan yang namanya istana presiden, kantor presiden, funiturnya 100 persen dalam negeri, dari Boyoali, NTB, Jepaea, seperti funitur di Bali yang buat G20 itu designernya dari sana dan orang Indonesia, 100 persen," pungkasnya.

(mr6/nusantaraterkini.co)